Manajemen Persalinan

Persalinan merupakan hal yang ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan. Karena kenapa???Yach, gimana enggak, pastinya setiap pasangan itu mau punya yang namanya keturunan yang akan meneruskan tahta kehidupannya, menerusakan brbagai ilmu yang telah dimilikinya dalam menempuh hidup dalam dunia fana ini dan bahkan mungkin juga akan memberikan ilmu bagaimana mengatasi berbagai persoaalan hidup hingga sang keturunan ini tidak akan terjerumus pada lobang yang ortu mereka pernah jatuh di dalamnya.

Dilain sisi, bagi pasangan muda, ibu muda hamil, perasaan bahagia itu diselimuti juga dengan yang namanya ketakutan dan kewaspadaan terhadap kelahiran yang akan dijalaninya. Gimana enggak, proses yang mempertaruhkan nyawa ini sangat berat dihadapi bagi mereka yang memang belum dibekali akan kekuatan batin dari berbagai informasi yang diperolehnya, baik dari kleuarga sendiri (khususon pasangan hidupnya, suami), tenaga kesehatan, atau sumber informasi lainnya yang setidaknya bisa memberikan dorongan spiritual agar ia tetap tegar dalam menyambut kehadiran buah hati.

Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengatasi (memanaje) nyeri saat persalinan, diantaranya:

1. Terap non farmakologis

Terapi yang digunakan yakni dengan tanpa menggunakan obat-obatan, tetapi dengan memberikan berbagai teknik yang setidaknya dapat sedikit mengurangi rasa nyeri saat persalinan tiba. Beberapa hal yang dapat dilakukan ialah :

a. Imaging Guide

Tekhnik ini dengan mengarahkan sang ibu membayangkan sesuatu yang dapat membuatnya nyaman. Ajak dia membayangkan sesuatu tempat yang memberikan dirinya tenang, seperti sawah yang terhampar luas dengan hijaunya dedaunan padi yang melambai-lambai ditiup angin sore. Atau ajak dia ke suasana laut yang mengajak kita untuk mendengarkan deburan ombak yang perlahan mengenai kaki kita yang tercelup dalam air laut di tepian pantai. Atau hal lainnya dimana Anda lebih tau bagaimana memberikan ketenangan pada istri Anda saat ia membutuhkan ketenangan itu.

b. Music therapy

Hal ini ditujukan bagi Anda yang memang suka dengan yang namanya mendengarkan alunan nada. Baik itu berupa alunan ayat Al-Qur’an yang Anda dengarkan, atau musik alam seperti suasana air terjun dengan gemricik air yang turun, atau dengan musik klasik.

c. Fisik dan Psikis

wah…ini sederhana sekali untuk dilakukan, bila memang Anda kebingungan untuk menceritakan sesuatu yang indah-indah pada istri Anda, terlebih lagi bagi Anda yang memang bukan ahlinya bercerita, atau memang keterbatasan alat musik yang Anda miliki. Pendampingan istri atau kehadiran Anda saat istri berada di rumah sakit saat menunggu kelahiran, adalah sesuatu yang dapat mengurangi kecemasan pasangan. Meskipun ada perawat atau tenaga kesehatan yang senantiasa siap membantunya, namun kehadiran Anda sebagai pasangan hisup atau keluarga terdekat istri sangat membantu mengurangi kecemasan bahkan nyeri sang istri.

d. Massage

Pijatan atau sentuhan pada area tertentu ternyata dapat mereduksi nyeri pasangan. Adapaun area yang bida dilakukan pemijatan yakni di area pinggul, punggung, dan lutut.

e. Posisi

Posisi ini dimaksudkan pada posisi yang enak dan nyaman saat melahirkan. Ada beberapa posisi yang bisa dipilih…lihat di posisi melahirkan (loading…)

2. Terapi farmakologis

Kalo ini mah udah jelas-jelas harus dokter yang bertindak untuk ngatasinya. Berbagai obat disuntikkan ke ibu, baik itu anastesis umum yang di suntikkan epidural, spinal, ataopun sekedar regional.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: